Tugas Soft Skill 1 TOU (Teori Organisasi Umum)

MENYINGKAP RAHASIA DI BALIK SAYAP MERAH DARI NEGERI SAKURA





Pada jaman sekarang kebutuhan akan sebuah kendaraan bermotor mungkin sudah menjadi sebuah kewajiban bagi hampir seluruh masyarakat modern. Ditengah maraknya pasar otomotif yang ada di Indonesia ini ada sebuah Perusahaan yang menjadi pelopor industri sepeda motor di Indonesia ini yaitu PT Astra Honda Motor. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang salah satu pelopor industri sepeda motor yang ada di Indonesia ini. Mengungkap rahasia di balik kesuksesan Perusahaan ini,apa – apa saja yang ada didalamnya yang bisa membuat perusahaan ini begitu berhasil di Indonesia.

Perusahaan Astra Honda Motor ini termasuk organisasi yang berbentuk statis di dalamnya karena setiap karyawan atau pegawai yang berada atau bekerja di PT Astra Honda Motor ini semuanya saling bekerja sama untuk mencapai sebuah tujuan yang menjadi target dari tiap – tiap bagian yang berada di dalam perusahaan ini. Kemudian perusahan ini juga termasuk ke dalam sebuah organisasi yang berbentuk dinamis,dimana di dalam setiap kegiatan organisasi ini setiap orang yang terlibat di dalamnya selalu membagikan tugas ke semua orang yang terlibat di dalamnya, menetapkan wewenang dan memberikan tanggung jawab bagi setiap kegiatan usaha yang dijalaninya untuk mencapai sebuah tujuan usahanya.

Di dalam Perusahaan ini juga menerapkan sistem kerja sama dalam menyelesaikan setiap pekerjaan yang di lakukannya,karena dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat yang juga dapat memberi keuntungan bagi Perusahaan itu. Selain menerapkan sistem kerja sama, Perusahaan Astra Honda Motor ini pun mempunyai sistem tata hubungan kerja yang baik,dimana sistem ini sangat berperan penting dalam berjalannya sebuah organisasi yang baik dimana dalam kasus ini tentunya Perusahaan Astra Honda Motor yang di dalamnya mempunyai sistem tata hubungan kerja yang baik. Di dalam Perusahan ini juga terdapat proses pembagian tugas yang baik dan terstruktur sehingga Perusahaan ini bisa berjalan baik dan lancar sampai saat ini.

Sebuah organisasi yang baik di dalamnya terdapat manajemen yang mendukung kegiatan dari organisasi tersebut untuk mencapai tujuan dari organisasi tersebut dalam hal ini yaitu PT Astra Honda Motor. Kemudian tugas dari manajemen itu sendiri adalah menjelaskan perlunya ada sebuah proses dari semua kegiatan yang ada di Perusahaan Astra Honda Motor dan adanya pendaya gunaan sumber – sumber serta waktu sebagai salah satu faktor yang di perlukan untuk mencapai tujuan dari kegiatan yang di lakukan organisasi tersebut.

Proses kegiatan di dalam Perusahaan Astra Honda Motor dilakukan sesuai waktu yang tersedia di mana maksud dari waktu yang tersedia disini adalah PT Astra Honda Motor hanya melakukan proses produksi ketika ada pemesanan dari konsumen,dengan begitu konsumen akan mendapatkan produk yang benar – benar masih fresh kalau diibratkan seperti sebuah makanan atau yang baru jadi dari proses produksi. Dengan proses produksi yang sedemikian Perusahaan Astra Honda Motor dapat menghemat waktu dalam proses produksidan juga tidak membuang biaya produksi untuk membuat sebuah gudang yang dipakai untuk penyimpanan hasil produksi karena setiap hasil produksi yang di buat oleh PT Astra Honda Motor adalah pesanan dari konsumen.

Untuk menambahkan sedikit wawasan tentang bagaimana PT Astra Honda Motor mampu bertahan hingga saat ini, di bawah ini ada sedikit sejarah dan sekilas tentang PT Astra Honda Motor  :  


Sejarah PT Astra Honda Motor
PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Didirikan pada 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor. Saat itu, PT Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down).
Tipe sepeda motor yang pertama kali di produksi Honda adalah tipe bisnis, S 90 Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90cc. Jumlah produksi pada tahun pertama selama satu tahun hanya 1500 unit, namun melonjak menjadi sekitar 30 ribu pada tahun dan terus berkembang hingga saat ini. Sepeda motor terus berkembang dan menjadi salah satu moda transportasi andalan di Indonesia. 
Kebijakan pemerintah dalam hal lokalisasi komponen otomotif mendorong PT Federal Motor memproduksi berbagai komponen sepeda motor Honda tahun 2001 di dalam negeri melalui beberapa anak perusahaan, diantaranya PT Honda Federal (1974) yang memproduksi komponen-komponen dasar sepeda motor Honda seperti rangka, roda, knalpot dan sebagainya, PT Showa Manufacturing Indonesia (1979) yang khusus memproduksi peredam kejut, PT Honda Astra Engine Manufacturing (1984) yang memproduksi mesin sepeda motor serta PT Federal Izumi Mfg.(1990) yang khusus memproduksi piston. 
Seiring dengan perkembangan kondisi ekonomi serta tumbuhnya pasar sepeda motor terjadi perubahan komposisi kepemilikan saham di pabrikan sepeda motor Honda ini. Pada tahun 2001 PT Federal Motor dan beberapa anak perusahaan di merger menjadi satu dengan nama PT Astra Honda Motor, yang komposisi kepemilikan sahamnya menjadi 50% milik PT Astra International Tbk dan 50% milik Honda Motor Co. Japan. 
Saat ini PT Astra Honda Motor memiliki 3 fasilitas pabrik perakitan, pabrik pertama berlokasi Sunter, Jakarta Utara yang juga berfungsi sebagai kantor pusat. Pabrik ke dua berlokasi di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, serta pabrik ke 3 yang berlokasi di kawasan MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi. Pabrik ke 3 ini merupakan fasilitas pabrik perakitan terbaru yang mulai beroperasi sejak tahun 2005. 
Dengan keseluruhan fasilitas ini PT Astra Honda Motor saat ini memiliki kapasitas produksi 4.2 juta unit sepeda motor per-tahunnya, untuk permintaan pasar sepeda motor di Indonesia yang terus meningkat. Salah satu puncak prestasi yang berhasil diraih PT Astra Honda Motor adalah pencapaian produksi ke 40 juta pada tahun 2013. Prestasi ini merupakan prestasi pertama yang yang berhasil diraih oleh industri sepeda motor di Indonesia bahkan untuk tingkat ASEAN.

Guna menunjang kebutuhan serta kepuasan pelannggan sepeda motor Honda, saat PT Astra Honda Motor di dukung oleh 1.800 showroom penjualan, 3.600 layanan service atau bengkel AHASS (Astra Honda Authorized Service Station), serta 7.550 gerai suku cadang, yang siap melayani jutaan penggunaan sepeda motor Honda di seluruh Indonesia. Industri sepeda motor saat ini merupakan suatu industri yang besar di Indonesia. Karyawan PT Astra Honda Motor saja saat ini berjumlah sekitar 20.000 orang, ditambah ratusan vendor dan supplier serta ribuan jaringan lainnya, yang kesemuanya ini memberikan dampak ekonomi berantai yang luar biasa. Keseluruhan rantai ekonomi tersebut diperkirakan dapat memberikan kesempatan kerja kepada sekitar setengah juta orang. PT Astra Honda Motor akan terus berkarya menghasilkan sarana transportasi roda 2 yang menyenangkan, aman dan ekonomis sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Sekilas Tentang PT Astra Honda Motor.

Pertumbuhan konsumen sepeda motor meningkat luar biasa. Di tengah-tengah persaingan yang begitu tajam akibat banyaknya merek pendatang baru, sepeda motor Honda yang sudah lama berada di Indonesia, dengan segala keunggulannya, tetap mendominasi pasar dan sekaligus memenuhi kebutuhan angkutan yang tangguh, irit dan ekonomis. Menjawab tantangan tersebut, organisasi yang berada di balik kesuksesan sepeda motor Honda di Indonesia terus memperkuat diri. 

PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan sinergi keunggulan teknologi dan jaringan pemasaran di Indonesia, sebuah pengembangan kerja sama antara Honda Motor Company Limited, Jepang, dan PT Astra International Tbk, Indonesia. Keunggulan teknologi Honda Motor diakui di seluruh dunia dan telah dibuktikan dalam berbagai kesempatan, baik di jalan raya maupun di lintasan balap. Honda pun mengembangkan teknologi yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan yaitu mesin "bandel" dan irit bahan bakar, sehingga menjadikannya sebagai pelopor kendaraan roda dua yang ekonomis.
 
Tidak heran, jika harga jual kembali sepeda motor Honda tetap tinggi. AHM memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang kebutuhan para pemakai sepeda motor di Indonesia, berkat jaringan pemasaran dan pengalamannya yang luas. AHM juga mampu memfasilitasi pembelian dan memberikan pelayanan purna jual sedemikian rupa sehingga brand Honda semakin unggul.

Berikut gambar Struktur Organisasi dari PT Astra Honda Motor yang mengolah perusahaan tersebut sehingga bisa bertahan sampai saat ini.




PT Astra Honda Motor juga mempunyai visi dan misi yang sangat baik yaitu :

Visi : Memimpin pangsa pasar sepeda motor di Indonesia dengan merealisasikan impian pelanggan, menciptakan kegembiraan dan berkontribusi terhadap masyarakat Indonesia
Misi : Menciptakan solusi mobilitas bagi masyarakat Indonesia dengan produk dan layanan terbaik

Beberapa penghargaan yang di raih PT Astra Honda Motor 







PT Astra Honda Motor merupakan salah satu bentuk organisasi yang baik, karena di dalam Perusahaan ini mempunyai tujuan yang sama di setiap kegiatan usahanya kemudian mampu mengkoordinasikan tugas – tugas ke setiap orang yang ada di dalam perusahaan ini lalu PT Astra Honda Motor juga mempunyai saran yang sangat memadahi untuk mendukung semua aktifitas dari keorganisasian dari perusahaan ini dan juga PT Astra Honda Motor mempunyai tata tertib yang harus di taati oleh seluruh anggotanya yang berada di dalam organisasi ini.

PT Astra Honda Motor termasuk ke dalam organisasi yang modern karena memiliki prinsip – prinsip dalam menjalankan perusahaan ini, lalu juga mempunyai unsur – unsur organisasi yang lengkap tapi di dalamnya juga menggunakan staf yang lebih intensif dalam menjalankan perusahaan ini. Perusahaan Astra Honda Motor juga berkembang di dalam proses pengolahan data yang semakin cepat setiap tahunnya sehingga membuat Perusahaan ini semakin bertambah besar tiap tahunnya.

Di dalam perusahaan Astra Honda Motor juga terdapat unsur – unsur dari organisasi yang dapat membuat berkembangnya perusahaan ini, unsur – unsur itu adalah :

Manusia (MAN), di dalam sebuah perusahaan atau suatu ketatalembagaan sering disebut dengan istilah pegawai atau personel. Pegawai terdiri dari semua anggota organisasi yang menurut fungsi dan tignkatannya terdiri dari unsur pimpinan (administrator) sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam organisasi, para manajer yang memimpin suatu unit satuan kerja sesuai dengan fungsinya masing-masing dan para pekerja (nonmanagement/workers). Semua itu secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (man power) organisasi.
Kerjasama, merupakan suatu perbuatan saling membantu atau gotong royong dalam melakukan sesuatu yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, semua anggota atau semua warga yang menurut tingkatan-tingkatannya dibedakan menjadi administrator, manajer, dan pekerja (workers), secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (man power) organisasi.
Tujuan bersama, merupakan arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan menggambarkan tentang apa yang akan dicapai atau yang diharapkan. Tujuan merupakan titik akhir tentang apa yang harus dikerjakan. Tujuan juga menggambarkan tentang apa yang harus dicapai melalui prosedur, program, pola (network), kebijaksanaan (policy), strategi, anggaran (budgeting), dan peraturan-peraturan (regulation) yang telah ditetapkan.
Peralatan (Equipment), terdiri dari semua sarana, berupa materi, mesin-mesin, uang, dan barang modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).
Lingkungan (Environment), Faktor lingkungan misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi termasuk dalam unsur lingkungan.



Perusahaan Astra Honda Motor secara garis besar telah mempunyai 3 unsur untuk bisa dikatakan menjadi sebuah organisasi yang baik yaitu mempunyai unsur Manusia, Kerjasama, dan tujuan yang sama untuk memajukan perusahaan ini. ketiga unsur tersebut saling berhubungan dan merupakan satu kesatuan.
Perusahaan Astra Honda Motor ini termasuk ke dalam organisasi Niaga karena perusahaan ini mempunyai tujuan utama yaitu untuk mencari keuntungan dan organisasi ini termasuk ke dalam organisasi niaga berbentuk Perseroan Terbatas (PT). Lalu perusahaan ini bukan termasuk Organisasi Sosial karena organisasi tidak di bentuk oleh anggota masyarakat. PT Astra Honda Motor merupakan sebuah perusahaan yang termasuk kedalam Organisasi Internasional karena PT Astra Honda Motor mempunyai anggota yang meliputi negara – negara yang ada di dunia.

Mungkin hanya ini saja rahasia yang dapat saya ungkapkan mengenai PT Astra Honda Motor bagaimana Perusahaan ini bisa berkembang sejauh saat ini dan bisa mempunyai begitu banyak penghargaan karena di dalam perusahaan ini terdapat struktur organisasi dan manajemen yang saling mendukung saat menyelesaikan setiap kegiatan usaha demi mencapai tujuan usaha secara bersama – sama.


Referensi :
1.      PT ASTRA HONDA MOTOR  Available
[Accessed 28th December 2014]

2.      PT ASTRA HONDA MOTOR  Available
[Accessed 28th December 2014]

3.      PT ASTRA HONDA MOTOR  Available
[Accessed 28th December 2014]

4.      PT ASTRA HONDA MOTOR  Available
[Accessed 28th December 2014]

5.      PT ASTRA HONDA MOTOR  Available
[Accessed 28th December 2014]






Tugas Soft Skill

Nama          : Akhmad Nur Rahhim
NPM            : 10113557
Kelas           : 2KA25

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Individu, Keluarga Dan Masyarakat

Ketika Kepuasan Pelayanan Pelanggan Menjadi hal yang Diutamakan

Warga Negara dan Negara