Tugas Soft Skill 1 TOU (Teori Organisasi Umum)
MENYINGKAP RAHASIA DI
BALIK SAYAP MERAH DARI NEGERI SAKURA
Pada jaman sekarang kebutuhan akan sebuah
kendaraan bermotor mungkin sudah menjadi sebuah kewajiban bagi hampir seluruh
masyarakat modern. Ditengah maraknya pasar otomotif yang ada di Indonesia ini
ada sebuah Perusahaan yang menjadi pelopor industri sepeda motor di Indonesia
ini yaitu PT Astra Honda Motor. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba
membahas tentang salah satu pelopor industri sepeda motor yang ada di Indonesia
ini. Mengungkap rahasia di balik kesuksesan Perusahaan ini,apa – apa saja yang
ada didalamnya yang bisa membuat perusahaan ini begitu berhasil di Indonesia.
Perusahaan Astra Honda Motor ini termasuk
organisasi yang berbentuk statis di dalamnya karena setiap karyawan atau
pegawai yang berada atau bekerja di PT Astra Honda Motor ini semuanya saling
bekerja sama untuk mencapai sebuah tujuan yang menjadi target dari tiap – tiap
bagian yang berada di dalam perusahaan ini. Kemudian perusahan ini juga
termasuk ke dalam sebuah organisasi yang berbentuk dinamis,dimana di dalam
setiap kegiatan organisasi ini setiap orang yang terlibat di dalamnya selalu
membagikan tugas ke semua orang yang terlibat di dalamnya, menetapkan wewenang
dan memberikan tanggung jawab bagi setiap kegiatan usaha yang dijalaninya untuk
mencapai sebuah tujuan usahanya.
Di dalam Perusahaan ini juga menerapkan sistem
kerja sama dalam menyelesaikan setiap pekerjaan yang di lakukannya,karena dapat
menyelesaikan pekerjaan dengan cepat yang juga dapat memberi keuntungan bagi Perusahaan
itu. Selain menerapkan sistem kerja sama, Perusahaan Astra Honda Motor ini pun
mempunyai sistem tata hubungan kerja yang baik,dimana sistem ini sangat
berperan penting dalam berjalannya sebuah organisasi yang baik dimana dalam
kasus ini tentunya Perusahaan Astra Honda Motor yang di dalamnya mempunyai
sistem tata hubungan kerja yang baik. Di dalam Perusahan ini juga terdapat
proses pembagian tugas yang baik dan terstruktur sehingga Perusahaan ini bisa
berjalan baik dan lancar sampai saat ini.
Sebuah organisasi yang baik di dalamnya
terdapat manajemen yang mendukung kegiatan dari organisasi tersebut untuk
mencapai tujuan dari organisasi tersebut dalam hal ini yaitu PT Astra Honda
Motor. Kemudian tugas dari manajemen itu sendiri adalah menjelaskan perlunya
ada sebuah proses dari semua kegiatan yang ada di Perusahaan Astra Honda Motor
dan adanya pendaya gunaan sumber – sumber serta waktu sebagai salah satu faktor
yang di perlukan untuk mencapai tujuan dari kegiatan yang di lakukan organisasi
tersebut.
Proses kegiatan di dalam Perusahaan Astra Honda
Motor dilakukan sesuai waktu yang tersedia di mana maksud dari waktu yang
tersedia disini adalah PT Astra Honda Motor hanya melakukan proses produksi
ketika ada pemesanan dari konsumen,dengan begitu konsumen akan mendapatkan
produk yang benar – benar masih fresh kalau diibratkan seperti sebuah makanan
atau yang baru jadi dari proses produksi. Dengan proses produksi yang
sedemikian Perusahaan Astra Honda Motor dapat menghemat waktu dalam proses
produksidan juga tidak membuang biaya produksi untuk membuat sebuah gudang yang
dipakai untuk penyimpanan hasil produksi karena setiap hasil produksi yang di
buat oleh PT Astra Honda Motor adalah pesanan dari konsumen.
Untuk menambahkan sedikit wawasan tentang
bagaimana PT Astra Honda Motor mampu bertahan hingga saat ini, di bawah ini ada
sedikit sejarah dan sekilas tentang PT Astra Honda Motor :
Sejarah PT Astra Honda Motor
PT Astra Honda Motor (AHM)
merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Didirikan pada 11 Juni
1971 dengan nama awal PT Federal Motor. Saat itu, PT Federal Motor hanya
merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (completely
knock down).
Tipe sepeda motor yang pertama
kali di produksi Honda adalah tipe bisnis, S 90 Z bermesin 4 tak dengan
kapasitas 90cc. Jumlah produksi pada tahun pertama selama satu tahun hanya 1500
unit, namun melonjak menjadi sekitar 30 ribu pada tahun dan terus berkembang
hingga saat ini. Sepeda motor terus berkembang dan menjadi salah satu moda
transportasi andalan di Indonesia.
Kebijakan pemerintah dalam hal
lokalisasi komponen otomotif mendorong PT Federal Motor memproduksi berbagai
komponen sepeda motor Honda tahun 2001 di dalam negeri melalui beberapa anak perusahaan,
diantaranya PT Honda Federal (1974) yang memproduksi komponen-komponen dasar
sepeda motor Honda seperti rangka, roda, knalpot dan sebagainya, PT Showa
Manufacturing Indonesia (1979) yang khusus memproduksi peredam kejut, PT Honda
Astra Engine Manufacturing (1984) yang memproduksi mesin sepeda motor serta PT
Federal Izumi Mfg.(1990) yang khusus memproduksi piston.
Seiring dengan perkembangan
kondisi ekonomi serta tumbuhnya pasar sepeda motor terjadi perubahan komposisi
kepemilikan saham di pabrikan sepeda motor Honda ini. Pada tahun 2001 PT
Federal Motor dan beberapa anak perusahaan di merger menjadi satu dengan nama
PT Astra Honda Motor, yang komposisi kepemilikan sahamnya menjadi 50% milik PT
Astra International Tbk dan 50% milik Honda Motor Co. Japan.
Saat ini PT Astra Honda Motor
memiliki 3 fasilitas pabrik perakitan, pabrik pertama berlokasi Sunter, Jakarta
Utara yang juga berfungsi sebagai kantor pusat. Pabrik ke dua berlokasi di
Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, serta pabrik ke 3 yang berlokasi di kawasan MM
2100 Cikarang Barat, Bekasi. Pabrik ke 3 ini merupakan fasilitas pabrik
perakitan terbaru yang mulai beroperasi sejak tahun 2005.
Dengan keseluruhan fasilitas
ini PT Astra Honda Motor saat ini memiliki kapasitas produksi 4.2 juta unit
sepeda motor per-tahunnya, untuk permintaan pasar sepeda motor di Indonesia
yang terus meningkat. Salah satu puncak prestasi yang berhasil diraih PT Astra
Honda Motor adalah pencapaian produksi ke 40 juta pada tahun 2013. Prestasi ini
merupakan prestasi pertama yang yang berhasil diraih oleh industri sepeda motor
di Indonesia bahkan untuk tingkat ASEAN.
Guna menunjang kebutuhan serta kepuasan
pelannggan sepeda motor Honda, saat PT Astra Honda Motor di dukung oleh 1.800
showroom penjualan, 3.600 layanan service atau bengkel AHASS (Astra Honda
Authorized Service Station), serta 7.550 gerai suku cadang, yang siap melayani
jutaan penggunaan sepeda motor Honda di seluruh Indonesia. Industri sepeda
motor saat ini merupakan suatu industri yang besar di Indonesia. Karyawan PT
Astra Honda Motor saja saat ini berjumlah sekitar 20.000 orang, ditambah
ratusan vendor dan supplier serta ribuan jaringan lainnya, yang kesemuanya ini
memberikan dampak ekonomi berantai yang luar biasa. Keseluruhan rantai ekonomi
tersebut diperkirakan dapat memberikan kesempatan kerja kepada sekitar setengah
juta orang. PT Astra Honda Motor akan terus berkarya menghasilkan sarana
transportasi roda 2 yang menyenangkan, aman dan ekonomis sesuai dengan harapan
dan kebutuhan masyarakat Indonesia.
Sekilas Tentang PT Astra Honda Motor.
Pertumbuhan konsumen sepeda motor meningkat
luar biasa. Di tengah-tengah persaingan yang begitu tajam akibat banyaknya
merek pendatang baru, sepeda motor Honda yang sudah lama berada di Indonesia,
dengan segala keunggulannya, tetap mendominasi pasar dan sekaligus memenuhi
kebutuhan angkutan yang tangguh, irit dan ekonomis. Menjawab tantangan
tersebut, organisasi yang berada di balik kesuksesan sepeda motor Honda di
Indonesia terus memperkuat diri.
PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan sinergi keunggulan teknologi dan jaringan pemasaran di Indonesia, sebuah pengembangan kerja sama antara Honda Motor Company Limited, Jepang, dan PT Astra International Tbk, Indonesia. Keunggulan teknologi Honda Motor diakui di seluruh dunia dan telah dibuktikan dalam berbagai kesempatan, baik di jalan raya maupun di lintasan balap. Honda pun mengembangkan teknologi yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan yaitu mesin "bandel" dan irit bahan bakar, sehingga menjadikannya sebagai pelopor kendaraan roda dua yang ekonomis.
PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan sinergi keunggulan teknologi dan jaringan pemasaran di Indonesia, sebuah pengembangan kerja sama antara Honda Motor Company Limited, Jepang, dan PT Astra International Tbk, Indonesia. Keunggulan teknologi Honda Motor diakui di seluruh dunia dan telah dibuktikan dalam berbagai kesempatan, baik di jalan raya maupun di lintasan balap. Honda pun mengembangkan teknologi yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan yaitu mesin "bandel" dan irit bahan bakar, sehingga menjadikannya sebagai pelopor kendaraan roda dua yang ekonomis.
Tidak heran, jika harga jual kembali sepeda motor Honda tetap tinggi. AHM memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang kebutuhan para pemakai sepeda motor di Indonesia, berkat jaringan pemasaran dan pengalamannya yang luas. AHM juga mampu memfasilitasi pembelian dan memberikan pelayanan purna jual sedemikian rupa sehingga brand Honda semakin unggul.
Berikut gambar Struktur Organisasi dari PT
Astra Honda Motor yang mengolah perusahaan tersebut sehingga bisa bertahan
sampai saat ini.
PT
Astra Honda Motor juga mempunyai visi dan misi yang sangat baik yaitu :
Visi : Memimpin pangsa pasar
sepeda motor di Indonesia dengan merealisasikan impian pelanggan, menciptakan
kegembiraan dan berkontribusi terhadap masyarakat Indonesia
Misi
: Menciptakan solusi mobilitas bagi masyarakat Indonesia
dengan produk dan layanan terbaik
Beberapa penghargaan
yang di raih PT Astra Honda Motor
PT
Astra Honda Motor merupakan salah satu bentuk organisasi yang baik, karena di
dalam Perusahaan ini mempunyai tujuan yang sama di setiap kegiatan usahanya
kemudian mampu mengkoordinasikan tugas – tugas ke setiap orang yang ada di
dalam perusahaan ini lalu PT Astra Honda Motor juga mempunyai saran yang sangat
memadahi untuk mendukung semua aktifitas dari keorganisasian dari perusahaan
ini dan juga PT Astra Honda Motor mempunyai tata tertib yang harus di taati
oleh seluruh anggotanya yang berada di dalam organisasi ini.
PT
Astra Honda Motor termasuk ke dalam organisasi yang modern karena memiliki
prinsip – prinsip dalam menjalankan perusahaan ini, lalu juga mempunyai unsur –
unsur organisasi yang lengkap tapi di dalamnya juga menggunakan staf yang lebih
intensif dalam menjalankan perusahaan ini. Perusahaan Astra Honda Motor juga
berkembang di dalam proses pengolahan data yang semakin cepat setiap tahunnya
sehingga membuat Perusahaan ini semakin bertambah besar tiap tahunnya.
Di dalam
perusahaan Astra Honda Motor juga terdapat unsur – unsur dari organisasi yang
dapat membuat berkembangnya perusahaan ini, unsur – unsur itu adalah :
Manusia
(MAN), di dalam sebuah perusahaan atau suatu ketatalembagaan
sering disebut dengan istilah pegawai atau personel. Pegawai terdiri dari semua
anggota organisasi yang menurut fungsi dan tignkatannya terdiri dari unsur
pimpinan (administrator) sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam organisasi,
para manajer yang memimpin suatu unit satuan kerja sesuai dengan fungsinya
masing-masing dan para pekerja (nonmanagement/workers). Semua itu secara
bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (man power) organisasi.
Kerjasama,
merupakan suatu perbuatan saling membantu atau gotong royong dalam melakukan
sesuatu yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Oleh
karena itu, semua anggota atau semua warga yang menurut tingkatan-tingkatannya
dibedakan menjadi administrator, manajer, dan pekerja (workers), secara
bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (man power) organisasi.
Tujuan
bersama, merupakan arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan
menggambarkan tentang apa yang akan dicapai atau yang diharapkan. Tujuan
merupakan titik akhir tentang apa yang harus dikerjakan. Tujuan juga
menggambarkan tentang apa yang harus dicapai melalui prosedur, program, pola
(network), kebijaksanaan (policy), strategi, anggaran (budgeting), dan
peraturan-peraturan (regulation) yang telah ditetapkan.
Peralatan
(Equipment), terdiri dari semua sarana, berupa materi, mesin-mesin,
uang, dan barang modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).
Lingkungan
(Environment), Faktor lingkungan
misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi termasuk dalam unsur
lingkungan.
Perusahaan
Astra Honda Motor secara garis besar telah mempunyai 3 unsur untuk bisa
dikatakan menjadi sebuah organisasi yang baik yaitu mempunyai unsur Manusia,
Kerjasama, dan tujuan yang sama untuk memajukan perusahaan ini. ketiga unsur
tersebut saling berhubungan dan merupakan satu kesatuan.
Perusahaan
Astra Honda Motor ini termasuk ke dalam organisasi Niaga karena perusahaan ini
mempunyai tujuan utama yaitu untuk mencari keuntungan dan organisasi ini
termasuk ke dalam organisasi niaga berbentuk Perseroan Terbatas (PT). Lalu
perusahaan ini bukan termasuk Organisasi Sosial karena organisasi tidak di
bentuk oleh anggota masyarakat. PT Astra Honda Motor merupakan sebuah perusahaan
yang termasuk kedalam Organisasi Internasional karena PT Astra Honda Motor
mempunyai anggota yang meliputi negara – negara yang ada di dunia.
Mungkin
hanya ini saja rahasia yang dapat saya ungkapkan mengenai PT Astra Honda Motor bagaimana
Perusahaan ini bisa berkembang sejauh saat ini dan bisa mempunyai begitu banyak
penghargaan karena di dalam perusahaan ini terdapat struktur organisasi dan
manajemen yang saling mendukung saat menyelesaikan setiap kegiatan usaha demi
mencapai tujuan usaha secara bersama – sama.
Referensi
:
1. PT
ASTRA HONDA MOTOR Available
[Accessed 28th December 2014]
2. PT
ASTRA HONDA MOTOR Available
[Accessed 28th December 2014]
3. PT
ASTRA HONDA MOTOR Available
[Accessed 28th December 2014]
4. PT
ASTRA HONDA MOTOR Available
[Accessed 28th December 2014]
5. PT
ASTRA HONDA MOTOR Available
[Accessed 28th December 2014]
Tugas
Soft Skill
Nama : Akhmad Nur Rahhim
NPM : 10113557
Kelas : 2KA25
Komentar
Posting Komentar