Salah Satu Jasa Transportasi Terbaik di Negeri Ini

PT BLUE BIRD GROUP

Pada saat ini mungkin sudah banyak sekali kendaraan transportasi umum yang mungkin bisa kita gunakan untuk bepergian ke suatu tempat,salah satunya yaitu TAKSI. Mungkin ditelinga kita sudah tidak asing lagi mendengar transportasi yang satu ini, lalu semua orang juga mungkin sudah pernah menggunakan jasa transportasi ini salah satunya yang sudah sangat terkenal yaitu taksi BLUE BIRD GROUP. Pada awalnya berdirinya yaitu di tahun 1972 perusahaan ini bukan bernama Blue Bird melainkan Chandra Taksi,nama tersebut diambil dari nama Alm. dr. Chandra Suharto yang tidak lain adalah nama anak pertama dari pendiri PT Blue Bird Group Alm. Ibu Mutiara Fatimah Djokosoetono

Pada awal berdirinya perusahaan ini hanya memiliki 25 armada dan target pasar yang dibidik pun hanya rental mobil khusus untuk para jurnalis dan pengunjung dari atau ke hotel dan airport. Lalu dari hanya 25 armada itu perusahaan ini sekarang sudah berkembang yang pertama hanya memiliki 25 armada kini PT Blue Bird sudah memiliki 20 anak perusahaan yang tidak hanya bergerak di bidang tranportasi tetapi juga merambah usaha manufaktur, properti, dan support services.

                Pada bidang transportasi sendiri PT Blue Bird Group bekerja sama dengan anak perusahaannya yaitu Pusaka Group untuk Reguler Taksi, untuk reguler taksi sendiri armada yang digunakan yaitu all new Toyota Limo dan Nissan Almerra sebagai standart kendaraan yang digunakan pada reguler taksi.

Kemudian untuk di bidang executive taksi, Blue Bird menyediakan Silver Bird dengan armadanya yang berwarna hitam. Jauh berbeda dengan taksi reguler yang berwarna biru, taksi eksekutif ini memberikan 3 keistimewaan utama, yaitu Comfort, Convenience, dan Safety. Mobil yang dipergunakan pun terbilang lebih mewah dari taksi reguler. Dan untuk yang terakhir untuk segmen transportasi penumpang, yaitu kategori Limousine yang didalam grup ini dikenal dengan Golden Bird. Masuk dalam kategori ini adalah mobil-mobil mewah seperti Toyota Twin Cam, Opel Vectra, Corona Absolute, Volvo 740,960, Mercedes C180, E220, E230 dan New Eyes, hingga van mewah Mazda E2000.Berbeda dengan dua kategori taksi sebelumnya, taksi ini menggunakan plat nomor kendaraan berwarna hitam, yang artinya tentu saja mobil pribadi. Taksi ini ditujukan untuk orang-orang kelas atas atau VIP. Selain taksi, untuk jasa angkutan penumpang PT. Blue Bird Group juga menyediakan sarana angkutan masal berupa Bis Charter, yaitu Big Bird. Dengan area pelayanan transportasi meliputi Jawa, Bali, dan Sumatera. Big Bird juga melayani transportasi bagi anak sekolah dan karyawan Perusahaan untuk mobil jemputan mereka.

Kini, Blue Bird melayani lebih dari 8,5 juta penumpang setiap bulannya dengan 26,000 armada yang tersebar di sejumlah kota besar di Indonesia.  Kini layanan Blue Bird Group dapat dinikmati termasuk Jakarta dan sekitarnya, Bali, Bandung, Banten, Batam, Lombok, Manado, Medan, Pekanbaru, Palembang, Semarang, Solo, Surabaya dan Yogyakarta. Juga di jantung pusat bisnis dan tujuan wisata di seluruh negeri. Sedangkan untuk kantor pusat Blue Bird berada di daerah Jakarta Selatan tepatnya di Mampang Prapatan dengan alamat :
Gedung Blue Bird
Jl. Mampang Prapatan Raya No.60
Jakarta 12790, Indonesia
Telp. (021) 7989000, 7989111


Berikut Struktur Organisasi PT Blue Bird Group



Penjabaran Tugas :

Tugas dan Wewenang PT Blue Bird Group Secara Keseluruhan
Penjabaran tugas dan wewenang masing–masing bagian adalah sebagai berikut:
1. Direksi
·         Menyusun dan menetapkan sasaran / target penjualan
·         Menentukan visi dan misi perusahaan
·         Menentukan dan menetapkan berbagai kebijaksanaan perusahaan secara umum terhadap pihak internal maupun eksternal serta mengusahakan agar perusahaan dapat berjalan dengan baik
·         Bertanggung jawab terhadap dewan komisaris dan pemegang saham
·         Mengawasi perkembangan perusahaan.
2. Sekretaris
·         Membantu direksi dalam surat menyurat dan administrasi.
3. Senior Audit Manajer
·         Mengawasi aliran cash flow dalam perusahaan
·         Mengawasi keabsahan data finansial perusahaan.
4. Vice President Sales
·         Mengawasi pelaksanaan berbagai program dan strategi.

5. Senior Business Development Manager
·         Penelitian, pengembangan, dan penerapan teknologi baru
·         Mengawasi infrastructure teknologi informasi
·         Kontrol dan manajemen utilisasi perangkat lunak dan basis data.
6. Vice President Operation
·         Menyusun dan menetapkan pembagian jadwal antar–jemput
·         Menangani proses booking by call dan ketersediaan kendaraan
·         Mengkoordinasikan manajemen driver dengan kendaraan
·         Menangani keseluruhan aktivitas jasa layanan operasional di pool.
7. Vice President Administration
·         Membantu berbagai kegiatan pemasaran yang dilakukan
·         Melakukan berbagai kegiatan administrasi
·         Menyediakan berbagai laporan yang diperlukan.
8. Vice President Teknik
·         Menangani kebutuhan–kebutuhan teknis dan sparepart kendaraan
·         Mendukung operasional melalui perawatan kendaraan.
9. Vice President HR & GA
·         Menangani kegiatan personalia dan penggajian
·         Bertanggung jawab dalam kegiatan rekruitment, training, dan lain–lain
·         Bertanggung jawab menangani kesejahteraan karyawan.


Berdasarkan ulasan diatas yang saya buat PT Blue Bird Group adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa Transportasi yang masuk kedalam organisasi niaga yang Berjenis PT (Perseroaan Terbatas), karena mempunyai tujuan untuk memperoleh keuntungan dari sektor pelayanan jasa transportasi. PT Blue Bird Group  bukanlah Organisasi sosial karena tidak dibentuk oleh suatu masyarakat tetapi oleh beberapa orang saja.Dan juga PT Blue Bird Group Bukanlah perusahaan international karena tidak meliputi negara - negara lain (hanya diindonesia). Jadi PT Blue Bird Group termasuk Organisasi Regional karena perusahaan ini hanya bergerak di satu Negara saja.

                

Nama    : Akhmad Nur Rahhim
NPM     : 10113557
             Kelas       : 2KA25

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Agar Cepat Hamil.

Kulkas Android

TUGAS SOFTSKILL II BAHASA INDONESIA II