Ketika Kepuasan Pelayanan Pelanggan Menjadi hal yang Diutamakan

PT BLUE BIRD GROUP mungkin nama ini sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita semua,terutama bagi pengguna alat transportasi masal atau kendaraan umum berjenis taksi, mungkin juga bisa di bilang kalau PT Blue Bird itu adalah pelopor angkutan umum taksi pertama di Indonesia. Disini saya akan mencoba menganalisa bagaiamana struktur organisasi dari PT Blue Bird Group sehingga perusahaan ini bisa bertahan sampai saat ini bahkan bisa menjadi perusahaan yang terdepan di bidang angkutan transportasi umum yang berjenis taksi.
Berikut ini saya tampilkan struktur organisasi dari PT Blue Bird Group :

Struktur Organisasi Lengkap dari PT Blue Bird Group



Deskripsi Tugas :
Tugas dan Wewenang PT Blue Bird Group Secara Keseluruhan
Penjabaran tugas dan wewenang masing–masing bagian adalah sebagai berikut:

1. Direksi
·        Menyusun dan menetapkan sasaran / target penjualan
·        Menentukan visi dan misi perusahaan
·        Menentukan dan menetapkan berbagai kebijaksanaan perusahaan secara umum terhadap pihak internal maupun eksternal serta mengusahakan agar perusahaan dapat berjalan dengan baik
·        Bertanggung jawab terhadap dewan komisaris dan pemegang saham
·        Mengawasi perkembangan perusahaan.

2. Sekretaris
·        Membantu direksi dalam surat menyurat dan administrasi.

3. Senior Audit Manajer
·        Mengawasi aliran cash flow dalam perusahaan
·        Mengawasi keabsahan data finansial perusahaan.

4. Vice President Sales
·        Mengawasi pelaksanaan berbagai program dan strategi.

5. Senior Business Development Manager
·        Penelitian, pengembangan, dan penerapan teknologi baru
·        Mengawasi infrastructure teknologi informasi
·        Kontrol dan manajemen utilisasi perangkat lunak dan basis data.



6. Vice President Operation
·        Menyusun dan menetapkan pembagian jadwal antar–jemput
·        Menangani proses booking by call dan ketersediaan kendaraan
·        Mengkoordinasikan manajemen driver dengan kendaraan
·        Menangani keseluruhan aktivitas jasa layanan operasional di pool.

7. Vice President Administration
·        Membantu berbagai kegiatan pemasaran yang dilakukan
·        Melakukan berbagai kegiatan administrasi
·        Menyediakan berbagai laporan yang diperlukan.


8. Vice President Teknik
·        Menangani kebutuhan–kebutuhan teknis dan sparepart kendaraan
·        Mendukung operasional melalui perawatan kendaraan.

9. Vice President HR & GA
·        Menangani kegiatan personalia dan penggajian
·        Bertanggung jawab dalam kegiatan rekruitment, training, dan lain–lain
·        Bertanggung jawab menangani kesejahteraan karyawan.






Kemudian untuk Departementalisasi Blue Bird Group pembagiannya adalah sebagai berikut :
·        Untuk di bagian transportasi penumpang ada 3 anak perusahaan yang bergerak di dalam bidang ini yaitu :
1.     Untuk yang sama -sama bergerak di bidang transportasi yang sama yaitu sama-sama taksi, PT. Blue Bird Group telah mengakui sisi beberapa taksi yang di antaranya berada di bawah payung Pusaka Group.
2.     Di segmen Eksekutif Taksi, PT. Blue Bird Group menyediakan Silver Bird dengan armadanya yang berwarna hitam. Jauh berbeda dengan taksi reguler yang berwarna biru, taksi eksekutif ini memberikan 3 keistimewaan utama, yaitu Comfort, Convenience, dan Safety. Mobil yang dipergunakan pun terbilang lebih mewah dari taksi reguler, tapi tentu saja masih ada lampu tanda taksi di atasnya.
3.     Dan yang terakhir untuk segmen transportasi penumpang, yaitu kategori limousine yang didalam grup ini dikenal dengan Golden Bird. Masuk dalam kategori ini adalah mobil-mobil mewah seperti Toyota Twin Cam, Opel Vectra, Corona Absolute, Volvo 740,960, Mercedes C180, E220, E230 dan New Eyes, hingga van mewah Mazda E2000.Berbeda dengan dua kategori taksi sebelumnya, taksi ini menggunakan plat nomorkendaraan berwarna hitam, yang artinya tentu saja mobil pribadi. Taksi ini ditujukan untuk orang-orang kelas atas atau VIP.

·        Selain taksi, untuk jasa angkutan penumpang PT. Blue Bird Group juga menyediakan sarana angkutan masal berupa bis carter, yaitu Big Bird. Dengan area pelayanan transportasi meliputi Jawa, Bali, dan Sumatera.


·        Kemudian departementalisasi yang terakhir dari Blue Bird Group adalah jasa angkuta transportasi yang bergerak di bidang jasa angkutan kargo dan container yaitu Iron Bird dan AKA yang berdiri pada 1993 dan diresmikan oleh Sudjono, Dirjen Perhubungan Darat, Departemen Perhubungan, kala itu. Iron Bird dan AKA menyiapkan layanan hampir 300 truk Volvo, ratusan kendaraan trailer, dan puluhan truk Mercedes yang dirancang khusus untuk kontainer laut, kargo yang berat, dan kargo darat berjumlah banyak. Untuk wilayah operasi Iron Bird termasuk Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sumatera. Layanan yang tersedia di Iron Bird termasuk:
1.     Angkutan kargo umum dan
2.     Angkutan kargo berat

Setelah dilihat pada struktur yang ada pada perusahaan ini, kita bisa mengetahui mengapa Blue Bird Group ini bisa bertahan sampai sekarang dan menjadi salah satu jasa transportasi terdepan di Indonesia ini. Itu karena di dalam menjalankan kegiatan perusahan semuanya itu di kelompokan atau di bagi ke pada bagian yang sesuai dengan fungsinya karena di dalam perusahan ini terdapat system departementalisasi yang baik.

PT Blue Bird Group dapat saya simpulkan adalah memiliki Desain Organisasi yang baik karena di perusahaan ini karyawan adalah aset yang paling berharga dan juga kepuasan pelanggan menjadi nomer satu bagi perusahaan ini. Itulah kenapa Blue Bird Group ini bisa bertahan sampai sekarang bahkan bisa semakin maju perusahaannya karena Blue Bird Group ini mengutamakan kepuasan dan kenyamanan dari pelanggan.


Referensi :

http://www.bluebirdgroup.com/id/bluebirdtbk-id/charter-bus

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS SOFTSKILL II BAHASA INDONESIA II

Ketika Inovasi Menjadi Kunci Untuk Membuat Perusahaan Selalu Selangkah Lebih Maju Dari Yang Lain