Ketika Kepuasan Pelayanan Pelanggan Menjadi hal yang Diutamakan
PT BLUE BIRD GROUP mungkin nama ini
sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita semua,terutama bagi pengguna
alat transportasi masal atau kendaraan umum berjenis taksi, mungkin juga bisa
di bilang kalau PT Blue Bird itu adalah pelopor angkutan umum taksi pertama di
Indonesia. Disini saya akan mencoba menganalisa bagaiamana struktur organisasi
dari PT Blue Bird Group sehingga perusahaan ini bisa bertahan sampai saat ini
bahkan bisa menjadi perusahaan yang terdepan di bidang angkutan transportasi
umum yang berjenis taksi.
Berikut ini saya tampilkan struktur
organisasi dari PT Blue Bird Group :
Struktur Organisasi Lengkap dari PT Blue Bird Group
Deskripsi
Tugas :
Tugas
dan Wewenang PT Blue Bird Group Secara Keseluruhan
Penjabaran
tugas dan wewenang masing–masing bagian adalah sebagai berikut:
1. Direksi
·
Menyusun dan menetapkan sasaran / target
penjualan
·
Menentukan visi dan misi perusahaan
·
Menentukan dan menetapkan berbagai
kebijaksanaan perusahaan secara umum terhadap pihak internal maupun eksternal
serta mengusahakan agar perusahaan dapat berjalan dengan baik
·
Bertanggung jawab terhadap dewan
komisaris dan pemegang saham
·
Mengawasi perkembangan perusahaan.
2. Sekretaris
·
Membantu direksi dalam surat menyurat
dan administrasi.
3. Senior Audit Manajer
·
Mengawasi aliran cash flow dalam
perusahaan
·
Mengawasi keabsahan data finansial
perusahaan.
4. Vice President Sales
·
Mengawasi pelaksanaan berbagai program
dan strategi.
5. Senior Business
Development Manager
·
Penelitian, pengembangan, dan penerapan
teknologi baru
·
Mengawasi infrastructure teknologi
informasi
·
Kontrol dan manajemen utilisasi
perangkat lunak dan basis data.
6. Vice President
Operation
·
Menyusun dan menetapkan pembagian jadwal
antar–jemput
·
Menangani proses booking by call dan
ketersediaan kendaraan
·
Mengkoordinasikan manajemen driver
dengan kendaraan
·
Menangani keseluruhan aktivitas jasa
layanan operasional di pool.
7. Vice President
Administration
·
Membantu berbagai kegiatan pemasaran
yang dilakukan
·
Melakukan berbagai kegiatan administrasi
·
Menyediakan berbagai laporan yang
diperlukan.
8. Vice President
Teknik
·
Menangani kebutuhan–kebutuhan teknis dan
sparepart kendaraan
·
Mendukung operasional melalui perawatan
kendaraan.
9. Vice President HR
& GA
·
Menangani kegiatan personalia dan
penggajian
·
Bertanggung jawab dalam kegiatan
rekruitment, training, dan lain–lain
·
Bertanggung jawab menangani
kesejahteraan karyawan.
Kemudian untuk Departementalisasi Blue
Bird Group pembagiannya adalah sebagai berikut :
·
Untuk di bagian transportasi penumpang ada
3 anak perusahaan yang bergerak di dalam bidang ini yaitu :
1. Untuk
yang sama -sama bergerak di bidang transportasi yang sama yaitu sama-sama
taksi, PT. Blue Bird Group telah mengakui sisi beberapa taksi yang di antaranya
berada di bawah payung Pusaka Group.
2. Di
segmen Eksekutif Taksi, PT. Blue Bird Group menyediakan Silver Bird dengan armadanya yang berwarna hitam. Jauh berbeda
dengan taksi reguler yang berwarna biru, taksi eksekutif ini memberikan 3
keistimewaan utama, yaitu Comfort, Convenience, dan Safety. Mobil yang
dipergunakan pun terbilang lebih mewah dari taksi reguler, tapi tentu saja
masih ada lampu tanda taksi di atasnya.
3. Dan
yang terakhir untuk segmen transportasi penumpang, yaitu kategori limousine
yang didalam grup ini dikenal dengan Golden Bird. Masuk dalam kategori ini
adalah mobil-mobil mewah seperti Toyota Twin Cam, Opel Vectra, Corona Absolute,
Volvo 740,960, Mercedes C180, E220, E230 dan New Eyes, hingga van mewah Mazda
E2000.Berbeda dengan dua kategori taksi sebelumnya, taksi ini menggunakan plat
nomorkendaraan berwarna hitam, yang artinya tentu saja mobil pribadi. Taksi ini
ditujukan untuk orang-orang kelas atas atau VIP.
·
Selain taksi, untuk jasa angkutan
penumpang PT. Blue Bird Group juga menyediakan sarana angkutan masal berupa bis
carter, yaitu Big Bird. Dengan area pelayanan transportasi meliputi Jawa, Bali,
dan Sumatera.
·
Kemudian departementalisasi yang
terakhir dari Blue Bird Group adalah jasa angkuta transportasi yang bergerak di
bidang jasa angkutan kargo dan container yaitu Iron Bird dan AKA yang
berdiri pada 1993 dan diresmikan oleh Sudjono, Dirjen Perhubungan Darat,
Departemen Perhubungan, kala itu. Iron Bird dan AKA menyiapkan layanan hampir
300 truk Volvo, ratusan kendaraan trailer, dan puluhan truk Mercedes yang dirancang
khusus untuk kontainer laut, kargo yang berat, dan kargo darat berjumlah
banyak. Untuk wilayah operasi Iron Bird termasuk Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa
Tengah, dan Sumatera. Layanan yang tersedia di Iron Bird termasuk:
1. Angkutan
kargo umum dan
2. Angkutan
kargo berat
Setelah dilihat pada struktur yang ada
pada perusahaan ini, kita bisa mengetahui mengapa Blue Bird Group ini bisa
bertahan sampai sekarang dan menjadi salah satu jasa transportasi terdepan di
Indonesia ini. Itu karena di dalam menjalankan kegiatan perusahan semuanya itu
di kelompokan atau di bagi ke pada bagian yang sesuai dengan fungsinya karena
di dalam perusahan ini terdapat system departementalisasi yang baik.
PT Blue Bird Group dapat saya simpulkan
adalah memiliki Desain Organisasi yang baik karena di perusahaan ini karyawan
adalah aset yang paling berharga dan juga kepuasan pelanggan menjadi nomer satu
bagi perusahaan ini. Itulah kenapa Blue Bird Group ini bisa bertahan sampai
sekarang bahkan bisa semakin maju perusahaannya karena Blue Bird Group ini
mengutamakan kepuasan dan kenyamanan dari pelanggan.
Referensi :
Komentar
Posting Komentar