Tugas 1 Pengantar Telematika

1.    Jelaskan peranan Telematika dalam penyampaian informasi dalam kehidupan sehari-hari!   Berikan contohnya dalam bidang pendidikan!
      Kalau menurut saya dalam jaman sekarang ini, peranan telematika sebagai penyampai   informasi jauh sangat penting sekali jika dibandingkan dengan 10 tahun yang lalu. Media  internet misalkan, pada jaman sekarang orang akan sangat ketinggalan berita jika tidak  terkoneksi dengan internet karena sebagian informasi yang beredar di masyarakat adalah  informasi yang ada di internet. Malah ada informasi yang memang hanya tersedia di media  internet sehingga orang yang belum terkoneksi dengan internet tidak akan mendapatkan  informasi tersebut sehingga akan ketinggalan berita.
   
      Sedangkan contoh dalam bidang pendidikan ada e-learning atau dikenal dengan istilah  pembelajaran jarak jauh. Dengan e-learning, seorang guru tidak perlu hadir ke sekolah/kelas  yang jaraknya mungkin tidak terjangkau oleh guru tersebut sehingga guru tersebut masih bisa mengajar murid-muridnya. Dengan e-learning juga proses pembelajaran bisa bersifat dua arah dengan menggunakan teknologi video conference sehingga tidak ada bedanya dengan mengajar di kelas seperti biasa. Yang menjadi beda adalah memang tidak ada interaksi secara fisik di kelas e-learning atau video conference, tetapi mungkin suatu saat nanti hal tersebut bisa dimungkinan karena perkembangan teknologi juga.

2.    Sebutkan dan jelaskan komponen-komponen apa saja yang menunjang layanan telematika!
     Lingkup pengkajian Hukum Telematika terbagi dua komponen.  Komponen yang pertama berkaitan dengan komponen yang terkait dengan sistem, misalnya perangkat keras, perangkat lunak, prosedur, manusia dan informasi.  Komponen yang kedua berkaitan dengan fungsi-fungsi telekomunikasi, misalnya input, proses, output, penyimpanan dan komunikasi.  Kedua komponen tersebut dikenal dalam 4 komponen yaitu :

a)  Content, yaitu substansi dari data yang dapat merupakan output / input dari penyelenggaraan sistem informasi yang disampaikan kepada publik.
b) Computing, yaitu suatu sistem pengolah informasi yang berbasiskan sistem komputer yang merupakan computer network yang efisien, efektif dan legal.
c)  Comunnication, yaitu keberadaan sistem komunikasi dari sistem interconnection, global interpersonal, computer network.
d)      Community, yaitu masyarakat sebagai pelaku intelektual.

3.    Sebutkan hal-hal apa saja yang didapat dari perkembangan layanan telematika, jelaskan!
·         Akses informasi dan penyebaran informasi.
    Telematika dapat menjadikan informasi bisa diakses dimanapun berada tanpa ada batas-batas negara atau geografis, dengan telematika informasi juga dapat tersebar merata di sejumlah penjuru dunia sehingga informasi dapat dimanfaatkan oleh semua orang di dunia tanpa ada kesenjangan informasi.
·         Komunikasi yang cepat dan pengiriman dokumen dengan biaya murah.
     Telematika dapat menjadikan komunikasi dilakukan saat itu juga tanpa terbatas waktu, kejadian yang terjadi di belahan bumi lain dapat diketahui detik itu juga di belahan bumi yang lain. Selain itu biaya untuk mengirimkan dokumen juga bisa dilakukan dengan harga yang sangat murah sekali dibandingkan dengan pengiriman dokumen secara konvensional.
·         Peluang bisnis baru.
   Dengan telematika juga dapat menciptakan sebuah bisnis baru yang sebelumnya mungkin tidak/belum pernah terpikirkan oleh orang. Bisnis transportasi online yang sekarang sangat marak sekali adalah salah satu contoh bisnis baru yang ada karena perkembangan telematika.

4.    Bagaimana menghindari dampak negative dari perkembangan telematika? Jelaskan!
·         Sesuai kebutuhan
     Artinya kita diharuskan menggunakan telematika yang sesuai kebutuhan kita. Saat ini kita sedang butuh untuk mencari informasi yang sedang kita perlukan, artinya saat itu juga kita boleh menggunakan telematika untuk mencari informasi yang kita butuhkan tersebut.
·         Self filtering
     Ini artinya kita diharapkan bisa menyaring sendiri informasi-informasi yang bertebaran di internet mana yang boleh kita akses atau mana yang tidak boleh/perlu kita akses.
·         Waspada dan teliti
     Artinya kita juga diharapkan untuk selalu cross check terhadap semua informasi yang datang dari internet, karena bisa semua orang yang menyediakan informasi di internet dan tidak semua orang menyediakan informasi yang sesuai fakta di lapangan.
·         Bijak
     Seperti kata pepatah bukan pisaunya yang jahat tapi orang yang menggunakan pisaunya untuk kejahatan yang jahat. Seperti juga bukan telematika yang jahat tetapi orang yang menggunakan telematika untuk kejahatan yang jahat. Telematika hanya sebagai tool yang mana baik buruknya tergantung dari orang yang memanfaatkannya. Untuk itu kita diharapkan bijak saat menggunakan telematika dan jangan menggunakan telematika untuk melakukan kejahatan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Agar Cepat Hamil.

Kulkas Android

TUGAS SOFTSKILL II BAHASA INDONESIA II